TEKNIK DOKUMENTASI DAN APLIKASI



.::. Resume Pert 1 .::.

      Nama  : Novita Rahmawati

         Nim     : 10410110003

         Dosen Ayuningtyas, S.Kom.,M.MT.,MOS


.::. Konsep Dokumentasi Aplikasi .::.


  • Software adalah sebuah perangkat yang menghubungkan suatu komputer dengan pengguna atau bisa dikatakan sebagai perangkat lunak yang umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras atau untuk menghasilkan data informasi. Software banyak kegunaannya misal untuk mengontrol hardware, memproses data, menganalisa data, menghasilkan data.
  • Fungsi Software adalah sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Melalui software inilah, bahasa manusia diterjemahkan kedalam bahasa mesin, sehingga kita bisa mengatur mesin komputer dengan mudah.
  • Sistem Software merupakan sistem perangkat lunak komputer yang dirancang untuk mengoperasikan perangkat keras komputer dan untuk menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak.
  • Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik/ untuk menyelesaikan masalah, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya.
  • Dokumentasi dapat dianggap sebagai materi yang tertulis atau sesuatu yang menyediakan informasi tentang suatu subyek. Dokumentasi dapat berisi tentang deskripsi-deskripsi, penjelasan-penjelasan, bagan alir, daftar-daftar, cetakan hasil komputer, contoh-contoh obyek dari sistem informasi.

.::. Keperluan Dokumentasi .::. 

Dokumentasi ini diperlukan untuk :
1. Mempelajari cara mengoperasikan sistem
2. Sebagai bahan pelatihan
3. Dasar pengembangan sistem lebih lanjut
4. Dasar bila akan memodifikasi atau memperbaiki sistem di kemudian hari
5. Materi acuan bagi Auditor
6. Back-up
7. Mempermudah komunikasi di antara sesama pegawai
8. Menghilangkan ketergantungan yang kritis

.::. Kunci Membuat Dokumentasi Teknis Yang Baik .::.

1. Menganggap semua calon pembaca sebagai orang awam yang tidak tahu apa-apa. Kasarnya, anggap saja semua calon pembacanya bodoh & perlu dibimbing dengan jelas.
2. Memahami apa sih pertanyaan yang mungkin timbul ketika orang membaca dokumen kita. Kita harus bisa mengantisipasi munculnya pertanyaan “mengapa begini” & “mengapa begitu”. Bagaimana antisipasinya? Dengan menjelaskan latar belakang mengapa kita menuliskan sebuah statement.
3. Menghindari penggunakan kalimat yang terlalu panjang. Dokumentasi yang baik tidak berarti menggunakan kalimat yang panjang dan bertele-tele.

.::. Software Crisis .::.

.::. Software Crisis ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengembangkan proyek perangkat lunak yang diinginkan karena terdapat masalah.

Masalah yang ditimbulkan yaitu:
1. Proyek berjalan melebihi anggaran yang direncanakan.
2. Proyek berjalan melebihi waktu yang sudah direncanakan.
3. Perangkat lunak yang tidak efisien
4. Perangkat lunak berkualitas rendah
5. Perangkat lunak tidak memenuhi syarat-syarat
6. Proyek tidak dapat dikelola.

.::. Software Crisis adalah sekumpulan masalah yang ditemukan dalam pengembangan software komputer. Masalahnya tidak hanya terbatas pada software yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tetapi krisis software ini terdiri dari masalah yang berhubungan dengan:
1. Bagaimana mengembangkan software.
2. Bagaimana memelihara software yang ada, yang berkembang dalam jumlah yang besar.
3. Bagaimana mengimbangi permintaan software yang makin besar.

ftp.gunadarma.ac.id/handouts/S1...1/Febriani/DOKUMENTASI.doc

0 komentar:

Copyright 2009 Noviitha . All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates